Sabtu, 10 Juli 2021

Membuat Tabel dan Modifikasi Tabel serta Menggunakan Formula di Ms Word



Ms Word selain dapat mengolah data dalam kata juga dapat mengolah angka namun tidak sekomplit di aplikasi lain.

Di Ms Word untuk mengolah angka dapat memanfaatkan tabel untuk melakukan perhitungan terhadap angka.

Berikut ini cara membuat tabel di ms word 2010 :

1. Cara membuat tabel di  Ms. Word 2010, pertama harus membuat tabel kosong terlebih dahulu. Untuk menambahkannya ikuti langkah-langkah di bawah ini :

a. Silahkan kamu tempatkan kursor teks didalam lembar kerja yang akan ditambahkan table.

b. Pilih tab Insert pada bagian atas, tepatnya dekan dengan tab Home.

c. Kemudian pilih menu tabel 

d. Setelah klik menu Table, maka akan tampil menu berupa dropdwon. Klik dan tahan mouse anda kemudian tarik untuk memilih jumlah dan kolom yang anda ingin masukkan kedalam dokumen, anda akan lihat table anda muncul dalam dokumen seperti yang anda seret pada grid.

e. Setelah  menyoroti baris dan kolom yang anda inginkan lepaskan mouse dan table akan ada di dokumen anda.

f. Untuk mengisi teks di dalam kolom, silahkan kamu tempatkan kursor ke dalam table. Kemudian, silahkan mulai menulis.

g. Jika ingin berpindah ke kotak lain untuk menulis, silahkan gunakan tombol tab. Atau bisa juga menggunakan tombol panah yang ada pada keyboard.




Kemudian ada Cara Memodifikasi Tabel yaitu :

1. Cara Menambahkan Table atau Kolom 

klik tanda plus di sisi kiri atau kanan. Dengan mengkliknya, maka table pun akan secara otomatis ditambahkan. Menambahkan table juga bisa dengan cara mengklik tombol kanan pada table yang sudah dibuat. Setelah itu, silahkan pilih Insert > Insert Rows Below.

2. Cara Menghapus Kolom 

Untuk menghapus kolom, tempatkan kursor pada kolom yang akan dihapus. Lalu klik kanan, kemudian klik Delete Cell. Setelah di klik, akan muncul jendela baru. Centang Delete Entire Row, lalu klik oke.

3. Cara Menerapkan Desain 

Untuk menerapkan gaya pada table, silahkan klik tab Design pada ribbon Table Tools. Pada bagian table Styles, klik drop-dwon More. 

4. Mengatur Border 

Untuk mengaturnya, silahkan kamu pilih beberapa beberapa kotak pada table. Pilih tab Design, kemudian pada bagian Borders silahkan sesuaikan Pen Color, Line Weight, dan Line Style. 


Cara Menggunakan Formula di Ms. Word 2010 :

1. Jalankan aplikasi Ms. Word, buat table sederhana yang terdiri dari 4 kolom dan 2 baris melalui tombol Tabel di tab Insert. Untuk masing-masing baris, beri nilai dari kolom 1 – kolom 3, dan kolom 4 biarkan kosong sebagai tempat nilai dari formula yang diterapkan. Klik sel di kolom ke 4 baris 1 untuk meletakkan kursor. 

2.   Untuk menggunakan formula di Ms. Word, pastikan anda telah berada di tab Layout dan kemudian klik tombol Formula.  

3. Di kotak dialog Formula yang muncul, formula default di kotak teks Formula adalah =SUM(LEFT). Untuk sementara, gunakan ini dan kemudian klik tombol OK.

4. Maka dari hasil Formula =SUM(LEFT) akan muncul secara otomatis tanpa kita menghitung secara manual.


Untuk penjelasan lebih lanjut bisa menyimak link video di bawah ini :

https://youtu.be/v_hUu6ZbvbY 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menambahkan Format Simbol di Mata Uang pada Ms Excel 2010

  Pada Microsoft Excel ada banyak fitur, fungsi dan format yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan saat mengolah data seperti halnya...