Sabtu, 10 Juli 2021

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka dan Kutipan dengan Menggunakan Ms Word 2010

 


Assalamu'alaikum...

Baiklah di materi kali ini kita akan membuat daftar pustaka dan kutipan didalam karya ilmiah, adapun aplikasi yang kita gunakan adalah MS Word 2010.

Kutipan dan daftar  pustaka  tidak terlalu sulit untuk membuanya di Ms Word 2010, yang mana kita hanya perlu memasukkan data dari referensi buku yang diambil, untuk melengkapi penjelasan buku, atau karya ilmiah.

A. Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka di Ms Word 2010

Dalam membuat kutipan terdapat beberapa tool atau alat yang dapat digunakan dan dapat melihatnya pada Tab Reference, Groups Citation & Bibliography.  

Pada group tersebut terdapat beberapa toolS : 

1. Citation & Bibliograpjhy, untuk mengatur format penulisan kutipan dan daftar pustaka.

2. Insert Citation untuk memasukkan dan membuat kutipan.

3. Manage Sources, untuk mengatur kutipan dan daftar pustaka yang sudah dibuat. 

4.  Bibliography, untuk membuat daftar pustaka. 


 B. Cara Membuat Kutipan Menggunakan Insert Citation di Microsoft Word  

1. Klik References kemudian tentukan model atau style penulisan kutipan  

2.  Klik Insert Citation, kemudian pilih Add New Source 

3.  Setelah mengklik Add New Source, akan muncul jendela Create Source, kemudian pada jendela ini, masukkan data referensi.

4. Pilihlah tipe source yang digunakan 

5. Dalam mengisi kotak filed, anda dapat memasukkan data detailnya, dengan menekan tombol Edit. Disitu anda akan memasukkan nama akhir, awal dan nama tengah dari pembuat referensi. 

6. Isikan kotak filed yang kosong pada jendela, sesuai dengan data referensi yang diambil, terdapat penjelasan mengenai data apa saja yang harus di isi pada kotak tersebut. 

7.Kemudian jika anda ingin menambahkan informasi mengenai referensi yang anda ambil, anda dapat mencentangS All Bibliography Fileds, dan akan muncul beberapa kotak fileds tambahan, hal ini bersifat opsional, dapat anda tambahkan atau tidak.

8. Mengatur tag nama untuk kutipan yang akan anda buat. 

9. Klik OK, setelah anda mengisikan data tentang buku referensinya.

Maka secara otomatis kutipan akan diibuat pada halaman dokumen, tepat pada posisi seleksi kursor anda, dan juga Microsoft word 2010 akan menyimpan kedalam daftar kutipan, sehingga anda dapat menggunakannya kembali tanpa harus menulis ulang nama dari referensi buku.

 

2.    Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Bibliography di Microsoft Word : 

    1. Buat halaman baru/kosong untuk meletakkan daftar pustaka yang akan dibuat.

    2. Klik tab References, kemudian klik Bibliography dalam group Citation & Bibliography.

    3. Pada Built-in anda dapat memilih salah satu template daftar pustaka yang ingin digunakan.

    4. Kemudian klik, dan akan muncul sebuah daftar pustaka yang isinya dapat dirubah secara otomatis.


     Itulah penjelasan materi mengenai kutipan dan daftar pustaka. Untuk lebih jelasnya silahkan simak link video dibawah ini : 

B  https://youtu.be/1fC8HiAqiSc 

1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menambahkan Format Simbol di Mata Uang pada Ms Excel 2010

  Pada Microsoft Excel ada banyak fitur, fungsi dan format yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan saat mengolah data seperti halnya...